Makalah Konseling Kebidanan

KATA PENGANTAR
Puji dan syukur kami ucapkan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena berkat kasihnyalah kami dapat menyelesaikan makalah ini yang berjudul “Konsep dasar Konseling”. Semoga makalah ini mampu menambah wawasan bagi para pembaca maupun pendengar mengenai topik tersebut.
            Kami  mengucapkan terimakasih kepada Dosen Pembimbing yang telah memberikan arahan kepaa kami sehingga makalah ini dapat diselesaikan dengan baik.
Kami  menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu kami mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari pembaca demi perbaikan dan penyempurnaan makalah ini.

                                               
                                                                      Bandar lampung,28 Februari 2014













DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL..........................................................................                     
KATA PENGANTAR....................................................................... 1                  
DAFTAR ISI ...................................................................................... 2                  
BAB I.  PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang................................................................... 3                  
1.2. Rumusan Masalah........................................................3
1.3. Tujuan........................................................................3
1.4. Manfaat.............................................................................. 4
BAB II. TINJAUAN TEORITIS
            2.1.Defini Konseling................................................................. 5
            2.2.Tujuan Konseling................................................................ 6
            2.3.Langkah Konseling............................................................. 6
            2.4.Prinsip Dasar Konseling...................................................... 6
            2.5.Fungsi Konseling.........................................................6
            2.6.Hal Yang Harus di perhatikan dalam konseling................. 7
            2.7.Teknik Konseling.........................................................7
            2.8.Proses Konseling..........................................................8
            2.9.Proses dan Praktik Konseling.........................................9
            2.10.Faktor yang Penghambat Konseling..............................9
            2.11.Hasil Pelayanan Konseling.........................................10
            2.12.Perbedaan Konseling dan Nasehat...............................11
BAB III. PENUTUP
3.1.Kesimpulan......................................................................... 12

3.2.Saran................................................................................... 12

DAFTAR PUSTAKA..................................................................13

BAB I
PENDAHULUAN

I.1. LATAR BELAKANG
Dalam pembicaraan sehari-hari istilah konseling digunakan untuk menggambarkan berbagai macam pertemuan tapi penggunaannya tidak selalu mencerminkan definisi psikologisnya. Kita dapat mendekati definisi, dengan mendefinisikan  interaksi yang kadang-kadang diacu sebagai konseling tapi tidak melibatkan konseling psikologis. Sebagi contoh, bila seorang pelajar atau klien tidak memuaskan harapan orang lain yang mereka sering dikatakan sebagai orang yang membutuhkan konseling. Dalam praktiknya,situasi ini mengandung arti bahwa seseorang harus memberitahu mereka tentang apa peran penting yang di harapkan anggota lain. Hal ini dapat juga berarti bahwa mereka mewujudkan harapan tersebut dengan peringatan tentang konsekuensi apabila gagal melaksanakan peran tersebut. Konseling dapat juga dikira sebagai suatu “ tellinng off ( pemberitahuan ) “ supaya orang lain dapat mencegah masalah yang sebenarnya tidak perlu terjadi. Dari semua situasi ini berarti tujuan dari konseling adalah  : membawa seseorang kedalam cara yang sesuai dengan harapan orang lain.
Hal ini bukan lah tujuan dari konseling psikologis dan tidak satupun contoh intervensi diatas menggambarkan konseling pskologis. Konseling tidak dapat dipaksakan pada dasarnya konseling merupakan aktivitas membantu orang lain untuk membuat keputusan-keputusan mereka sendiri dan bertindak secara efektif dalam hubungannya dengan pernyataan diri mereka sendiri. Aktifitas ini mencakup pemberiaan perhatian dan hubungan yang menghargai dimana seorag klien dapat mempertimbangkan beberapa aspek hidupnya dan menghadapinya sesuai dengan kepuasannya sendiri. Konselor sebagai tenaga profesional atau sukarelawan,namun keduannya harus dapat membuat hubungan yang tepat dengan kliennya dan dapat menggunakan keahlian komunikasi khusus untuk memfasilitasi perkembangan klien. Interaksi yang menyimpang dari prinsip-prinsip dasar ini tidak tepat disebut sebagai konseling. Jadi meskipun kepemimpinan , pengajaran , pemberian nasehat , pendiagnosaan dan pemberian semuannya dapat menolong namun tak satupun tepat disebut hubungan konseling (Wilson/Barnett,1988).
I.2. RUMUSAN MASALAH

1.      Apa itu Konsep dasar Konseling ?

I.3. TUJUAN
1. Tujuan Umum
Mahasiswa mampu menerapkan konseling pada klien sesuai dengan masalah yang dihadapi oleh klien.
2. Tujuan khusus
Setelah membaca makalah kmunikasi dan konseling dalam Praktik Kebidanan, diharapkan mahasiswa dapat :
1)      Memahami definisi  konseling dalam praktik kebidanan.
2)     Memahami tujuan dilakukannya konseling dalam kebidanan
3)      Memahami langkah-langkah konseling dalam kebidanan
4)      Memahami hambatan-hambatan konseling dalam kebidanan

I.4. MANFAAT
1. Manfaat Teoritis
Kita dapat mengetahui bahwa apa saja tentang Konsep Dasar Konseling tersebut,dan kita dapat membandingkan bagaimana konseling yang ada di lapangan.
2. Manfaat  Praktik
Kita dapat menambahkan wawasan bagi para mahasiswa calon bidan agar dapat    melaksanakan perannya dengan baik di kemudian bila menjadi seorang bidan.




BAB II
PEMBAHASAN
II.1.DEFINISI KONSELING

Konseling merupakan proses pemberianinformasi obyektif dan lengkap, dilakukansecara sistematik dengan panduan komunikasiinterpersonal, teknik bimbingan dan penguasaanpengetahuan klinik yang bertujuan untuk membantu seseorang mengenali kondisinya saat ini, masalah yang sedang dihadapi, dan menentukan jalan keluar atau upaya mengatasi masalah tersebut. (Saefudin, Abdul Bari : 2002).
Proses pemberian bantuan seseorang kepada orang lain dalam membuat suatu keputusan atau memecahkan suatu masalah melalui pemahaman terhadap fakta-fakta,harapan, kebutuhan dan perasaan-perasaan klien.
Proses melalui satu orang membantu orang lain dengan komunikasi, dalam kondisi salingpengertian bertujuan untuk membangun hubungan, orang yang mendapat konseling dapat mengekspresikan pikiran& perasaannya dengan cara tertentu sesuai dengan situasi, melalui pengalaman baru, mamandang kesulitan objektif sehingga dapat menghadapi masalah dengan tidak terlalu cemas dan tegang.( SCA.C STEERING COOMUTE, 1996).
Jadi konseling kebidanan adalah bantuan kepada orang lain dalam bentuk wawancara yang menuntut adanya komunikasiinteraksi yang mendalam dan usaha bersama antara konselor (bidan) dengan konseli (klien) untuk mencapai tujuan konseling yang dapat berupa pemecahan masalah, pemenuhan kebutuhan ataupunperubahan tingkah laku/ sikap dalam ruang lingkup pelayanan kebidanan”.
Komunikasi Interpersonal adalah interaksi orang ke orang, dua arah, verbal dan non verbal. Saling berbagi informasi dan perasaan antara individu dengan individu atau antar individu di dalam kelompok kecil. Konseling kebidanan  adalah pertolongan dalam bentuk wawancara yang menuntut adanya komunikasi interaksi yang mendalam, dan usaha bersama bidan dengan pemecahan masalah, pemenuhan kebutuhan, ataupun perubahan tingkah laku atau sikap dalam ruang lingkup pelayanan kebidanan. Konselor adalah orang yang memberi nasehat, memberi arahan kepada orang lain (klien) untuk memecahkan masalahnya. Sedangkan konseli adalah orang yang mencari (membutuhkan) advis atau nasehat..

II.2. TUJUAN KONSELING
Tujuan konseling adalah :
1.         Pemecahan masalah, meningkatkan efektifitasindividu dalam   pengambilan    keputusan secara tepat.
2.         Pemenuhan kebutuhan, menghilangkan perasaan yang menekan/ mengganggu.
3.         Perubahan sikap dan tingkah laku.
II.3.LANGKAH KONSELING

Ada 3 langkah pokok konseling yang harus dilaksanakan yaitu :
1.        Menciptakan kontak mengumpulkan data klien untuk mencari tahu penyebabnya
2.      Bagian inti/ pokok , mencari jalan keluar dan menentukan jalan keluar yang harus dipilih;Bagian akhir, penyimpulan dari seluruh aspek kegiatan dan merupakan tahap penutupan untuk pertemuan berikutnya.
II.4.PRINSIP DASAR KONSELING

Kemampuan menolong orang lain digambarkan dalam sejumlah keterampilan yang digunakan seseorang sesuai dengan profesinya yang meliputi (HOPSAN, 1978) :
1.     Pengajaran
2.     Nasehat dan bimbingan
3.     Pengambilan tindakan langsung
4.     Pengelolaan
5.     Konseling.
II.5.FUNGSI KONSELING KEBIDANAN

Fungsi konseling adalah :
1.      Penyesuaian : membantu klien mengalamiperubahan biologis, psikologis, kultural dan  lingkungan .
2.      Perbaikan : perbaikan terjadi bila ada penyimpangan perilaku klien
3.      Pengembangan : meningkatkan pengetahuandan kemampuan serta peningkatan derajat kesehatan.
4.      Pencegahan : mencegah timbulnya masalah kesehatan.



II.6.HAL YANG HARUS DI PERHATIKAN DALAM KONSELING

Hal yang harus diperhatikan dalam konseling adalah :
1.       Iklim psikologis, suasana percakapan : Iklim psikologis, tindakan, perilaku, sikap dari orang lain yang mempunyai dampak terhadap diri kita. Contoh : bidan otoriter kepada klien -> feed back negatif.
2.       Sikap Konselor (Bidan) menurut “Rogers”, yaitu :
a.  Acceptance (Menerima)                                                                                    Konselor menunjukkan sikap menerima, sehingga konseli merasa tidak ditolak, diacuhkan, didikte, tapi melainkan konseli merasa bahwa ia diterima sebagai dirinya sendiri. Terima 
kliendengan sikap terbuka dan apa adanya. Konselor memperhatikan tanpa pamrih, tanpa menguasai klien. Tulus dan ikhlas. Konselor harus menghargai konseli, apapun yang dikatakan konseli. Beri kesempatan pada klienuntuk mengemukakan keluhan-keluhannya.
a. Sikap tidak menilai.
c. Sikap percaya terhadap konselor.

II.7. TEKNIK KONSELING

Teknik 
konseling ada 3 yaitu :
1.      Pendekatan authoritatian atau directive, pusat dari keberhasilan konseling adalah dari konselor.
2.      Pendekatan non-directive atau conselei centred, konseli diberikan kesempatan untuk memimpin proses konseling dan memecahkan masalah sendiri.
3.      Pendekatan edetic, konselor menggunakan cara yang baik sesuai dengan masalah konseling.








II.8. PROSES KONSELING  

Proses konseling terdiri dari 4 unsur kegiatan yaitu :
1.      Pembinaan hubungan baik (rapport) : Pembinaan hubungan baik dimulai sejak  awal pertemuan dengan klien dan perlu dijaga seterusnya dengan :
a)       Memberi salam pada awal setiap pertemuan.
b)       Memperkenalkan diri
c)       Menciptakan suasana nyaman danaman.
d)       Memberikan perhatian penuh padaklien (SOLER). 
      S : Face your clients  squarely (menghadap klien) & smile/ nod at clients (senyum/ mengganggukkan kepala). O : Open and Non Judgemental Facial Expression (ekspresi muka menunjukkan sikap terbuka dan tidak menilai). L : Lean Towards Client (tubuh condong kearah klien).E : Eye Contact in a culturally- Acceptable Manner (kontak mata/ tatap mata sesuia dengan cara yang diterima budaya setempat). R : Relaxed and Friendly Manner (santai dan sikap bersahabat).
e)       Bersabar.
f)        Tidak memotong pembicaraan klien
2.    Pengambilan keputusan, pemecahan masalah dan perencanaanSetelah mendapatkan dan memberikan cukup informasi sesuai dengan masalah dan kondisi klien, konselor membantuklien memecahkan masalah yang dihadapi atau membuat perencanaan untuk mengatasi masalah. Faktor-faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan adalah(1) fisik, (2)emosional, (3) rasional, (4) praktikal, (5) interpesonal, (6) struktural.
3.    Menindak lanjuti pertemuan : Menindak lanjuti pertemuan konseling dengan membuat rangkuman, merencanakan pertemuan selanjutnya/ merujuk klien.







II.9. PROSES DAN PRAKTIK KONSELING
Komunikasi menciptakan hubungan antarabidan dengan pasien untuk mengenal kebutuhan dan menentukan rencana tindakan. Kemampuankomunikasi tidak terlepas dari tingkah laku yang melibatkan aktifitas fisik, mental dan dipengaruhi oleh latar belakang sosial, pengalaman, usia,pendidikan dan tujuan.
Hal-hal yang harus diperhatikan bidan sebagai konselor adalah :
(1) Membentuk kesiapan konseling;
Faktor yang mempengaruhi kesiapan konseling adalah motivasi memperoleh bantuan, pengetahuan klien tentang konseling, kecakapan intelektual, tingkat tilikan terhadap masalah, dan harapan terhadap peran konselor. Penyiapan klien :
(a)  Orientasi pra konseling;
(b)  teknik survey terhadap masalah klien;
(c)   memberikan informasi pada klien;
(d)  pembicaraan dengan berbagai topik;
(e)  menghubungi sumber-sumber referal.
(2) Memperoleh informasi,
Riwayat kasus merupakan kumpulan informasi sistematis tentang kehidupan sekarang dan masa lalu. Riwayat kasus kebidanan, biasanya tercatat dalam rekam medis.
(3) Evaluasi psikodiagnostik.
Psikodiagnostik meliputi pernyataan masalah klien, perkiraan sebsb-sebab kesulitan; kemungkinan teknik konseling; perkiraan hasil konseling
II.10. Faktor Penghambat Konseling

Faktor penghambat dalam konseling antara lain :
1.       Faktor individual Keterikatan budaya merupakan faktor individual yang dibawa seseorang dalam melakukan interaksi. Orientasi ini merupakan gabungan dari : (a)faktor fisik atau kepekaan panca indera, usia dan seks;
(b) sudut pandang terhadap nilai-nilai;
(c) faktor sosial pada sejarah keluargadan relasi, jaringan sosial, peran dalam   masyarakat, status sosial;
(d) bahasa.

2.       Faktor yang berkaitan dengan interaksi, (a) tujuan dan harapan terhadap komunikasi; (b) sikap terhadap interaksi; (c) pembawaan diri terhadap orang lain; (d) sejarah hubungan
3.       Faktor situasional.
4.       Kompetensi dalam melakukan percakapan :
Komunikasi dikatakan efektif bila ada sikap perilaku kompeten dari kedua belah pihak. Keadaan yang dapat menyebabkan putusnyakomunikasi adalah :
 (a) kegagalan informasipenting;
 (b) perpindahan topik bicara;
 (c) tidak lancar;
 (d) salah pengertian.
II.11. HASIL PELAYANAN KONSELING KEBIDANAN

Harapan bidan setelah dilaksanakan konseling adalah kemandirian klien dalam :
1.      Peningkatan kemampuan klien dalam mengenali masalah, merumuskan pemecahan masalah, menilai hasil tindakan dengan tepat.
2.      Klien mempunyai pengalaman dalam menghadapi masalah kesehatan.
3.      Klien merasa percaya diri dalam menghadapi masalah.
4.      Munculnya kemandirian dalam pemecahan masalah kesehatan

II.12.PERBEDAAN KONSELING DENGAN PEMBERIAN NASEHAT 

1. Konseling Secara etimologis, kata konseling berasal dari kata “counsel” yang diambil dari bahasa Latin yaitu “counsilium”, artinya “bersama” atau “bicara bersama”. Pengertian “berbicara bersama-sama” dalam hal ini adalah pembicaraan konselor dengan seorang atau beberapa klien (counselee). Dalam Kamus Bahasa Inggris, Konseling dikaitkan dengan kata “counsel” yang diartikan sebagai nasehat (to obtain counsel); anjuran (to give counsel); pembicaraan (to take counsel). Dengan demikian, konseling diartikan sebagai pemberian nasehat, pemberian anjuran, dan pembicaraan dengan bertukar pikiran. Pengertian konseling juga dikemukakan oleh para ahli dengan berbagai rumusan batasan konseling yang berbeda-beda, tetapi inti dan tujuannya sama. Sebagaimana Burks dan Stefflre (1979;14) yang dikutip oleh Abu Bakar Baraja dalam bukunya “Psikologi Konseling”, mengemukakan batasan konseling sebagai berikut : “Konseling merupakan suatu hubungan profesional antara seorang konselor terlatih dan seorang klien. Hubungan ini biasanya orang-perorang, meskipun seringkali para klien memahami dan memperjelas pandangan hidupnya, dan belajar mencapai tujuan yang ditentukan sendiri melalui pilihan-pilihan yang bermakna dan penyelesaian masalah-masalah emosional atau antarpribadi”. Menurut James F, Adams, yang dikutip oleh I.Djumhur dan Moh. Surya bahwa : “Konseling adalah suatu pertalian timbal balik antara dua orang individu dimana yang seorang (konselor) membantu yang lain (konseli) supaya ia dapat memahami dirinya dalam hubungan dengan masalah-masalah hidup yang dihadapinya waktu itu dan pada waktu yang akan datang” Dewa Ketut Sukardi juga memberikan batasan pengertian konseling sebagai berikut : “Konseling adalah bantuan yang diberikan kepada klien (counselee) dalam memecahkan masalah-masalah secara face to face, dengan cara yang sesuai dengan keadaan klien (counselee) yang dihadapi untuk mencapai kesejahteraan hidup”. Konseling melibatkan dua orang yang saling berinteraksi dengan jalan mengadakan komunikasi langsung, mengemukakan dan memperhatikan dengan seksama isi pembicaraan, gerakan-gerakan isyarat, pandangan mata, dan gerakan-gerakan lain dengan maksud untuk meningkatkan kedua belah pihak yang terlibat di dalam interaksi itu. Dengan demikian pengertian konseling secara luas adalah proses pemberian bantuan yang dilakukan melalui wawancara secara face to face oleh seorang ahli (konselor) kepada individu (klien) yang sedang mengalami sesuatu masalah atau hambatan dalam perkembangannya dengan tujuan agar individu tersebut dapat mencapai perkembangannya secara optimal.Memberikan fakta-fakta sehingga klien dapat membuat keputusan, membuat klien bertanya dan mendiskusikan masalah pribadinya.          

2. Pemberian Nasehat Pemberian nasehat adalah memberitahukan kepada klien apa yang sebaiknya klien lakukan, menghakimi perilakunya di masa lalu dan sekarang. Dalam Kamus Besar bahasa Indonesia Nasehat berarti ajaran atau pelajaran baik; anjuran (petunjuk, peringatan, teguran) yang baik. Me•na•si•hati merupakan memberi nasihat (kepada). Me•na•si•hat•kan berarti memberikan nasihat kepada. Pe•na•si•hat berarti orang yg memberi nasihat dan saran; orang yg menasihati. Jadi kalau diambil kesimpulan dari beberapa pengertian diatas, maka dapat diambil 3 (tiga) kesimpulan sebagai berikut : KONSELING ≠ PEMBERIAN NASEHAT KONSELING = MENDENGAR NASEHAT = BICARA

BAB III
PENUTUP

III.1. KESIMPULAN

Konseling kebidanan adalah suatu proses pembelajaran, pembinaan hubungan baik, pemberian bantuan, dan bentuk kerja sama yang dilakukan secara professional(sesuai dengan bidangnya) oleh bidan kepada klien untuk memecahkan masalah, mengatasi hambatan perkembangan, dan memenuhi kebutuhan klien.
Tujuan konseling diarahkan sebagai layanan yang membantu masalah yang dihadapi klien.Oleh karna itu, bidan sebagai konselor harus berusaha mengambangkan potensi yang ada agar dapat digunakan klien secara efektif

III.2. SARAN

1. Bagi Institusi
A.  Agar lebih sabar serta telaten dalam membimbing peserta praktek.
B. Dapat menerapkan teori dengan lapangan/lahan praktek sesuai dengan   standart kesehatan.
2. Bagi Mahasiswa
A. Agar mahasiswa dapat menggali ilmu lebih dalam lagi dalam memahami teori sehingga dapat diterapkan di lahan praktek.
B. Supaya mahasiswa lebih disiplin serta mengefisienkan waktu dalam menjalankan tugasnya.









DAFTAR PUSTAKA

Johan T.A, dan  Yulifah Rita. 2009. Komunikasi dan Konseling dalam Kebidanan. Jakarta:Salemba  Medika.
Dalani ermawati,dan Dahliar ideh. 2009. Komunikasi dan Konseling dalam praktik Kebidanan. Jakarta : Trans Info Media









Komentar

Postingan populer dari blog ini

Role play konseling pada remaja

Makalah Sumber Etika